Bersih-bersih di Twitter dan Facebook Biar Aman

Kita nih mesti bijak dalam menggunakan teknologi online saat ini, harus menggunakannya dengan aman. Untuk itu cobalah beberapa kali secara berkala misalnya 3 bulan sekali untuk mengecek kembali teknologi yang telah kita gunakan sebagai bagian dari istilah cerita "bersih-bersih".

Kita bisa memulai dari yang paling sering kita gunakan. Contohnya email, merapikan dengan membuat folder-folder pada email. Dan yang paling sering kita gunakan lainnya adalah social media. Yups, siapa sih yang gak punya Facebook atau Twitter? Pasti sobat cerita sudah memiliki akun di kedua social media tersebut kan. Penting juga untuk bersih-bersih di Twitter dan Facebook.


Bersih-bersih di Twitter

Nah secara berkala sudah saatnya kita untuk review kembali aplikasi yang kita sambungkan di Twitter kita. Cek kembali aplikasi tersebut, jika dirasa ad aplikasi yang tidak kita kenal dan tidak kita perlukan, perlu kita "Revoke access" memutuskan sambungan aplikasi tersebut dengan Twitter kita. Tentu kamu tidak mau bukan secara tiba-tiba Twittermu membuat status tweet atau mengirim pesan DM sendiri dengan topik yang tidak kamu ketahui ke user Tweeps lain.

Twitter Aplikasi Bersih


Mudah saja :
  1. Coba Sign in ke halaman Twitter.
  2. Pilih menu Setting, lihat icon di sisi kanan atas.
  3. Pilih Apps, lihat deretan pilihan di sebelah kiri.
  4. Nah kamu bisa Revoke access aplikasi yang tidak diperlukan/dikenal.


Bersih-bersih di Facebook

Begitu juga dengan Facebook. banyak kejadian aneh tiba-tiba ada temanmu mengirimkan pesan dan tersisipi link aneh, atau membuat status berisi info permainan atau program. Secara berkala kamu juga perlu cek aplikasi yang kamu sambungkan dengan Facebook-mu.

Facebook Aplikasi Bersih


Sama saja mudahnya :
  1. Kamu bisa Login ke halaman Facebook.
  2. Klik drop-down pada sisi namamu di sebalah kanan atas, pilih Privacy Settings.
  3. Geser kebawah, lihat App and Websites, kemudian pada sebelah kanannya klik Edit Settings.
  4. Pada Apps you use, klik Edit settings.
  5. Nah dari deretan aplikasi yang kamu gunakan, kamu bisa edit penggunaanya atau kamu hapus dengan klik tanda x.

Yups, mari kita gunakan teknologi ini dengan baik, secara bijak, dan pastinya bermanfaat buat kita sendiri. Ajak semuanya untuk melakukan hal yang sama dengan kita ini.

Komentar