Bintang Sebesar Matahari Tertelan Lubang Hitam Black Hole


Bintang mendekati Black Hole. Gambar: University of Warwick / Mark A. Garlick

Saat bintang menyimpang terlalu dekat dengan lubang hitam Black Hole yang ditangkap oleh satelit Swift NASA, yang mengeluarakan energi sangat besar saat bintang tersebut tertelan Black Hole.

Pancaran sinar gamma, yang dikenal sebagai 1644 Sw 57, berasal dari galaksi 3,8 miliar tahun cahaya jauhnya di konstelasi Draco, dan pertama kali terlihat pada tanggal 28 Maret. Anehnya, moment ini masih berlangsung, para astronom mengatakan bahwa ini bukan ledakan sinar gamma biasa yang biasanya mungkin terkait dengan runtuhnya sebuah bintang masif pada akhir hidupnya.


Flare terang, pembentukan energi pada Swift 1644 57. Gambar: University of Warwick / Mark A. Garlick

Bintang tersebut kemungkinan besar memiliki massa mirip dengan Matahari, dan tertelan oleh Black Hole yang massanya satu juta kali lebih besar. Para astronom juga melihat flare terang seperti pancaran potongan dari bintang yang tertelan oleh Black Hole. Ini adalah kesempatan alami dimana radiasi itu menunjuk lurus di Bumi.

Meskipun gangguan pasang surut bintang-bintang telah terlihat sebelumnya di X-ray, ultraviolet dan panjang gelombang optik, ini adalah pertama kalinya bahwa gamma-ray energi telah diamati, dan Joshua Bloom dari University of California mengatakan bahwa ini moment tiap 100 juta tahun seklai dalam galaksi. "Saya akan terkejut jika kita melihat lagi salah satu di mana saja di langit di dekade berikutnya," katanya.

Pancaran sinar gamma mungkin mulai beberapa hari sebelum satelit Swift menangkapnya, dan mungkin memakan waktu hingga satu tahun untuk memudar. Setelah Swift telah membuat deteksi, pengamatan lebih lanjut dilakukan dengan Hubble Space Telescope, Chandra X-ray Observatory, the Gemini and Keck telescopes in Hawaii di Hawaii, dan United Kingdom Infrared Telescope.

Komentar

  1. Brarti cahaya itu merambat berdasarkan energi dan waktu serta faktor tempat..
    .hemmm ane paham.. :D

    twitter ane, twitter.com/santomago

    BalasHapus
  2. Ane ta'jub... Waw!!!
    tp ane ga' ngerti detail dari fenomena ini...

    BalasHapus

Posting Komentar