Kirim Link & Data dari Chrome & Firefox ke Ponsel Android

android phone dengan chrome dan firefox logo
Kelebihan dari Android 2.2 (Froyo) adalah terdapat layanan untuk mengirimkan pesan dari browser ke telepon, yang disebut Android Cloud to Device Messaging (C2DM). Layanan sederhana yang menggunakan server untuk memberitahu aplikasi pada ponsel untuk memperbaharui aplikasi atau mengambil data.

Jika sebelumnya langkah mengirimkan data dari browser ke ponsel Android 2.2 (Froyo) dapat dilakukan dengan browser Google Chrome, saat ini dapat juga dilakukan dengan browser Firefox.

Pada Google Chrome, langkahnya cukup sederhana, install ekstensi Chrome to Phone Extension pada browser Google chrome dan Ponsel Android, untuk mengirimkan data dari browser ke ponsel Android, klik Ekstensi Chrome to Phone pada ekstensi bar, kemudian kamu akan diminta login ke akun Google mu, akan muncul instruksi untuk melakukan setup pada Androd, scan QR code pada layar instruksi dengan ponsel Androidmu.


Pada Firefox, kamu dapat install Add-ons Send To Phone pada browser Firefox Anda. Sama seperti pada Chrome, untuk mengirimkan data, klik tombol Send to Phone atau klik kanan pada link/highlight teks dan klik send to Android, dan kamu akan diminta login ke akun Google jika ingin mengirimkan data ke ponsel Androidmu dengan syarat kamu sudah install Chrome to Phone pada ponsel Androidmu.




Beberapa hal yang dapat kamu lakukan dengan layanan ini, antara lain:
  • Mengirim link Google Maps dan aplikasi Google Maps pada ponsel Android akan menampilkan untumu
  • Mengirim link ke video YouTube dan video akan berjalan pada ponselmu
  • Menyalin nomor telepon dari halaman web dan mengirimkannya ke telepomu
  • Menyalin teks singkat (kurang dari 1 KB) dari halaman web dan akan tampil pada layar teleponmu 

Komentar