Pameran Seni Rupa ArtJog 10 Jogja Art Fair


Sebuah pameran akan digelar di Yogyakarta, pameran seni rupa ArtJog 10 yang digelar oleh Jogja Art Fair akan berlangsung sejak 16-29 Juli 2010 di Taman Budaya Yogyakarta. Pameran ini digelar dengan tujuan untuk mempertajam identitas seni Indonesia bagi Indonesia maupun Dunia.

Dalam pameran ini, juga akan diisi dengan kunjungan ke studio seniman Yogyakarta yaitu studio Djoko Pekik, Entang Wiharso, Jumaldi Alfi, dan Nasiru, seperti disampaikan direktur pameran, Satriagama Rakantaseta dilansir Antara. 

Selain itu, kata dia, juga akan digelar diskusi seni dengan pembicara Budi Adi Nugroho, Eko Nugroho, dan Yudi Sulistyo.

ArtJog 10 akan digelar di Taman Budaya Yogyakarta dengan menampilkan 170 karya dari 158 seniman dari Yogyakarta, Bandung, Semarang, Ngawi, Jakarta, Cimahi, dan Singapura.

Satriagama juga mengatakan ArtJog dulu bernama Jogja Art Fair (JAF). "Selanjutnya JAF akan diposisikan sebagai institusi yang mengelola ArtJog 10, dan memiliki wewenang dalam penyelenggaraan setiap pameran," katanya.

Satriagama mengatakan perubahan nama ini terkait dengan kecenderungan pameran-pameran sejenis di mancanegara yang menggunakan nama kota sebagai identitas pameran, seperti Art Miami, Art Hongkong, dan Art Brusell.

"ArtJog merupakan singkatan dari Art Jogja. Pada 2010 pameran yang digelar bertema Indonesia Art NOW(IAN). Tema ini digunakan untuk mempertajam identitas pameran," katanya.


[ref: Antara] [pic: artfairjogja]
 

Komentar