NASA : Bencana Tabrakan Asteroid


Tahukah kamu, di Washington diberitakan bahwa NASA pada hari Rabu kemarin (07/10) menyatakan menurunkan ancaman bahwa asteroid besar-besaran bisa menabrak Bumi pada tahun 2036.

Apophis, yang sempat menjadi wacana ketika ditemukan pada tahun 2004 dan mungkin menimbulkan ancaman bagi Bumi, dengan ukuran asteroid dua setengah kali ukuran lapangan sepak bola.

Saat ini telah ada satu dalam 250.000 kemungkinan tabrakan dengan Bumi di tahun 2036 ternyata salah dari perkiraan sebelumnya dan ternyata satu dalam 45.000 kemungkinan, menurut perhitungan baru oleh Steve Chesley dan Paul Chodas NASA's Jet Propulsion Laboratory (JPL) di Pasadena, California, didasarkan pada teknik-teknik baru dan data.


Mereka akan mempresentasikan hasil di konferensi American Astronomical Society di Puerto Rico pada 8 Oktober.

"Orbital yang halus memperkuat tekad bahwa asteroid Apophis adalah kita dapat melihat sebagai sebuah kesempatan untuk menarik ilmu pengetahuan dan bukan sesuatu yang harus ditakuti," Don Yeomans, manajer Obyek Dekat Bumi di JPL Kantor Program, mengatakan dalam sebuah pernyataan .

Pada awalnya, para astronom khawatir 885-kaki (270 meter) asteroid memiliki kemungkinan 2,7 persen bertabrakan dengan Bumi pada 2029. Kemudian perhitungan memerintah sebuah tabrakan pada tahun itu.

Apophis adalah diperkirakan akan mengorbit tidak lebih dekat dari 18.300 mil (29.450 kilometer) di atas permukaan bumi pada 13 April 2029.

Komentar